Langsung ke konten utama

Tanaman Langka Di Indonesia

 Tanaman Langka Di Indonesia


1.       Tanaman cendana  
Tanaman cendana  merupakan komoditi yang potensial bagi perekonomian. Nilai ekonomi yang tinggi dari cendana dihasilkan dari kandungan minyak (santalo) dalam kayu yang beraroma wangi yang khas. Minyak cendana dihasilkan dari hasil penyulingan kayu, dan digunakan sebagai bahan obat-obatan dan bahan minyak wangi (parfum). Kayunya dipergunakan sebagai bahan industri kerajinan seperti ukir-­ukiran, patung, kipas, tasbih, dan lain-lain.
2.     Anggrek Hitam / Coelogyne pandurata
Anggrek hitam adalah salah satu flora Indonesia yang hampir punah di habitat aslinya. Populasi tanaman ini di habitat aslinya di propinsi Kalimantan Timur, semakin langka karena banyak diburu untuk dijual ke para kolektor anggrek. Selain tumbuh liar di Kalimantan jenis anggrek ini juga tumbuh liar di Sumatera, Mindanao dan Semenanjung Malaya, Pulau Samar Filipina dan Pulau Luzon.

*. Anggrek Larat / Dendrobium phalaenopsis fitzg

Anggrek larat merupakan flora yang dilindungi, habitatnya di propinsi Maluku karena ditemukannya di pulau Larat, Tanimbar, Maluku maka dinamakannya Angrek larat. Tanaman ini tumbuh pada karang-karang kapur dan pohon-pohon yang mendapat sinar matahari yang cukup.

3. Bunga Sedap Malam / Polyanthus tuberosa 

Bunga sedap malam adalah salah satu flora yang di lindungi di Indonesia, tanaman ini merupakan flora yang termasuk tanaman berumbi dengan tinggi 0,5-1,4M. Tanaman hias ini asalnya dari Mexico.
4.  Eboni / Diospyros celebica bakh

Eboni atau dengan nama lain yaitu kayu hitam. Kayu ini tergolong kayu yang kuat dan juga awet, sehingga bernilai ekonomi tinggi. Populasi kayu hitam ini semakin berkurang karena ekspoitasi yang berlebihan yang menyebabkan keberadaanya semakin langka. Eboni ini merupakan flora andemik Sulawesi
5. Padma Raksasa / Rafflesia arnoldi

Bunga raflesia merupakan flora Indonesia yang di lindungi pemerintah karena kelangkaannya terlebih lagi orang banyak mengambil putik bunga yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional, ini merupakan salah satu ancaman bagi pertumbuhan pupulasinya. Bunga ini disebut juga bunga bangkai karena pada waktu mekar mengeluarkan bau busuk. Habitat bunga padma raksasa atau raflesia ini tersebar di hutan pegunungan Jawa Barat, sepanjang pantai selatan Jawa barat dan Jawa Tengah, Pulau Sumatera dan hutan dataran rendah Taman Nasional Meru Betiri
6. Pisang-pisang, Pulut-pulut / Kandelia candel (L) Druce

Tanaman flora Pisang-pisang, atau Pulut-pulut (Kandelia candel (L) Druce) adalah flora yang termasuk dalam daftar flora yang di lindungi pemerintah Indonesia. Habitatnya tersebar di Timur Laut Sumatera, Kalimantan Barat dan Utara. India, Burma, Thailand, Indo Cina, Cina, Taiwan, Jepang Selatan dan Malaysia. Dan pada umumnya dimanfaatkan untuk kayu bakar

7. Kantong Semar (Nepenthes spp.); Sedikitnya 4 spesies kantong semar yaitu:Nepenthes aristolochioides, N. dubia, N. lavicola (Sumatera)dan Nepenthes clipeata(Kalimantan) berstatuskan Critically Endangered (Kritis).

8. Sarang Semut

Nama lain tumbuhan ini adalah Myrmecodia Pendans. Mengapa diberi nama ‘Sarang Semut’? Tanaman ini merupakan tempat favorit para semut yang tinggal di dalam batang pohon. Tak mudah menemukannya, lokasi tanaman jauh di atas tanah. Sarang Semut merupakan tumbuhan epifit asal Papua, lebih sering ditemukan menempel pada pohon besar setinggi 8 meter. Lebih mudah ditemukan pada pohon besar yang tumbuh diatas ketinggian 1100-2500 dari permukaan laut.


9. Edelweis

Satu lagi tanaman langka di Indonesia yang bernama latin, Anaphalis javanica. Meskipun telah dipetik dari tangkai, bunga Edelweis tidak langsung layu. Tanaman Edelweis bisa tumbuh hingga ketinggian 8 meter dan tebal batang sebesar ukuran kaki manusia. Lebih sering dijumpai sekitar daerah pengunungan Lombok, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan dan Jawa.

10. Bunga Bangkai

Salah satu tanaman langka di Indonesia yang hanya bisa dijumpai sekitar daerah Sumatera. Tanaman mengeluarkan bau tak sedap dan tumbuh dalam dua fase kehidupan yang saling bergantian. Bunga Bangkai dikenal dengan nama Latin Amorphophallus titanum atau Titan Arum.
11.   Damar, Tanaman langka ini berasal dari papua. Damar adalah salah satu jenis pohon potensial yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Tanaman langka ini tingginya bisa mencapai 60 m dan dimeternya 2 m. 

       12.   Bulian, Diameter batang mencapai 95 cm dengan tinggi pohon sampai dengan 36 m. Tumbuh pada ketinggian 600 m di atas permukaan laut. Biasanya tumbuh di daerah lereng perbukitan dengan tanah berpasir. Biasanya dipakai untuk konstruksi berat karena sifatnya yang kuat dan tahan 

  1. Jelutung, atau jelutong (Dyera costulata, syn. D. laxiflora) adalah spesies pohon dari subfamilia oleander. Pohon ini dapat tumbuh hingga 60 meter dengan diameter sebesar 2 meter. Pohon ini tumbuh di semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sumatra dan bagian selatanThailand. 
      14.   Tengkawang, Tengkawang adalah nama buah dan pohon dari genus Shorea yang buahnya menghasilkan minyak nabati. Pohon Tengkawang hanya terdapat di pulau Kalimantan dan sebagian kecil Sumatra. Dalam bahasa Inggris, jenis tanaman langka ini dikenal sebagai Illepe Nut atau Borneo Tallow Nut. Pohon yang terdiri atas belasan spesies (13 diantaranya dilindungi dari kepunahan) ini menjadi maskot (flora identitas) provinsi Kalimantan Barat. 

        15.   Bayur, Tanaman langka indonesia ini memiliki nama daerah balang, wadang, walang,dan wayu. Bayur adalah jenis tanaman langka yang memiliki kualitas kayu bagus. 






Komentar

  1. Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan capsa Susun Nomor Satu di Indonesia AGENPOKER(COM)
    Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prasaja Smk Teladan sumatera utara

Lirik Rohani Simalungun Pargogohi Jhon Elyaman Saragih

   Rohani Simalungun Pargogohi ---Jhon Elyaman Saragih Cipt : Dody Purba Tuhan... pargogohi au mandalani goluh on domma lambin daoh angkula lambin galek urupi au ...urupi au manlangkahkon goluh on ** Tuhan...ulang paturut au tarsosak bani dalan na golap tangkap Ham  tangan hon togu Ham tanganhon boan  ma au.. boan  ma au bani dalan na torang gati holsohan au bai pardalanan hin ai Ham dassa Bapa pangaduanhu tangihon...tangihon au TUhan Ham do na parorot goluhkom tapi ulang...ulang paturut au kahou bani hagoluhan on back to ** haleluya...haleluya... haleluya...haleluya..

TENGKORAK DAN TULAN BADAN MANUSIA

TENGKORAK DAN TULAN BADAN MANUSIA Pada Postingan kali ini kita akan membahas Tengkorak dan Tulan Badan yang merupakan anggota sistem gerak pada tubuh manusia. Baikla langsung saja kita simak secara seksama  Tengkorak dan Tulan Badan 1. Tengkorak Tengkorak terbentuk dari tempurung otak (kranium) dan bagian wajah. a. Kranium Fungsi untuk melindungi otak. Terdiri dari tulang-tulang: Tulang dahi (os frontal), 2 tulang ubun-ubun (os parietal), 2 tulang kepala belakang (os occipetal).   Tulang baji (os sphenoidal), 2 tulang tapis (os ethmoidal), 2 tulang pelipis (os temporal). b. Bagian wajah Bagian wajah disusun oleh tulang-tulang : 2 tulang rahang atas (os maxillare), 2 tulang rahang bawah (os mandibulare), 2 tulang pipi (os zigomaticum), 2 tulang langit-langit (os pallatum), 2 tulang hidung (os nasale), 2 tulang air mata (os lacrimale), 2 tulang mata bajak (os vomer), 1 tulang lidah (os hyoideus). 2. Tulang Badan Tulang badan terdiri atas tulang bela