Langsung ke konten utama

CARA MENANAM KENTANG DAN CARA PERAWATANNYA

Kentang merupakan komoditas hortikultura yang memiliki nilai ekonomis  tinggi di pasaran. Kentang dinilai memiliki kandungan gizi seperti karbohidrat, vitamin  serta mineral yang penting bagi kesehatan.
ads
Adapun cara menanam kentang dan perawatannya sebagai berikut.
1. Syarat Tumbuh Kentang
  • Lahan yang digunakan bukan bekas tanaman terung-terungan.
  • Suhu ideal berkisar 15-18oC pada malam hari dan 24-30oC pada siang hari.
  • Kentang dapat tumbuh subur di tempat-tempat kisaran ketinggian 500-3000 m dpl. Namun ideal pada ketinggian 1000-1300 m dpl.
  • Curah hujan berkisar 1300 mm per tahun.
  • Tanah untuk budidaya kentang memiliki ph 7.0
  • Penyiapan Lahan/ Media Tanam
Penyiapan lahan untuk tanaman kentang dilakukan dengan cara membersihkan lahan dari sesuatu yang dapat mengganggu  pertumbuhan tanaman. Baca juga tentang Selanjutnya  dilakukan  pengolahan tanah dan pembuatan parit serta garitan. Tanah dibajak hingga kedalaman 30 cm  serta diberikan pupuk dasar dan dibiarkan selama 15 hari. Garitan dibuat dengan kedalaman 10 cm, jarak antar garitan 80 cm. Pada lahan lereng dibuat penanaman pohon pengat pematang.
2. Penetapan jarak tanam
Jarak tanam yang ditetapkan harus sesuai dengan tipe tanah, kemiringan lahan, kemampuan tanah menyimpan air dan arah datangnya sinar. Jarak tanam yang digunakan untuk tanaman kentang sekitar 30-40 cm.
3. Persiapan Bibit
Bibit kentang dipilih dari kentang yang memiliki kualitas baik dan memiliki potensi hasil yang tinggi. Bibit kentang yang digunakan bebas dari hama dan patogen. Pilih bibit yang sudah bertunas 1-2 cm serta memiliki ukuran yang seragam agar diperoleh pertumbuhan yang baik. Tahap ini sama dengan Cara Menanam Ubi Jalar Dalam Karung
4. Pemupukan dasar dan penanaman
Pupuk dasar yang digunakan untuk kentang yaitu pupuk organik sebesar 15-20 ton/ha dan pupuk sintetis seperti Urea sebesar 217 kg/ha, SP-36 sebesar 416 kg/ha dan KCl sebesar 166 kg/ha. Penempatan pupuk organik di antara benih yang telah diletakkan dalam garitan. Tahap ini sama dengan Cara Menanam Oyong Hibrida
Sedangkan pupuk kimia diletakkan di atas pupuk organik. Benih diletakkan dengan posisi tunas menghadap kea as dan tidak boleh menyentuh pupuk secara langsung. Selanjutnya benih dan pupuk ditimbun dengan tanah. Jadi, itulah cara menanam kentang dan perawatannya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prasaja Smk Teladan sumatera utara

Lirik Rohani Simalungun Pargogohi Jhon Elyaman Saragih

   Rohani Simalungun Pargogohi ---Jhon Elyaman Saragih Cipt : Dody Purba Tuhan... pargogohi au mandalani goluh on domma lambin daoh angkula lambin galek urupi au ...urupi au manlangkahkon goluh on ** Tuhan...ulang paturut au tarsosak bani dalan na golap tangkap Ham  tangan hon togu Ham tanganhon boan  ma au.. boan  ma au bani dalan na torang gati holsohan au bai pardalanan hin ai Ham dassa Bapa pangaduanhu tangihon...tangihon au TUhan Ham do na parorot goluhkom tapi ulang...ulang paturut au kahou bani hagoluhan on back to ** haleluya...haleluya... haleluya...haleluya..

TENGKORAK DAN TULAN BADAN MANUSIA

TENGKORAK DAN TULAN BADAN MANUSIA Pada Postingan kali ini kita akan membahas Tengkorak dan Tulan Badan yang merupakan anggota sistem gerak pada tubuh manusia. Baikla langsung saja kita simak secara seksama  Tengkorak dan Tulan Badan 1. Tengkorak Tengkorak terbentuk dari tempurung otak (kranium) dan bagian wajah. a. Kranium Fungsi untuk melindungi otak. Terdiri dari tulang-tulang: Tulang dahi (os frontal), 2 tulang ubun-ubun (os parietal), 2 tulang kepala belakang (os occipetal).   Tulang baji (os sphenoidal), 2 tulang tapis (os ethmoidal), 2 tulang pelipis (os temporal). b. Bagian wajah Bagian wajah disusun oleh tulang-tulang : 2 tulang rahang atas (os maxillare), 2 tulang rahang bawah (os mandibulare), 2 tulang pipi (os zigomaticum), 2 tulang langit-langit (os pallatum), 2 tulang hidung (os nasale), 2 tulang air mata (os lacrimale), 2 tulang mata bajak (os vomer), 1 tulang lidah (os hyoideus). 2. Tulang Badan Tulang badan terdiri atas tulang bela